Siapa sesungguhnya orang celaka itu?


Beberapa Jum’at yang lalu saya mengikuti shalat Jum’at di masjid yang terletak tidak jauh dari kantor tempat saya bekerja. Dalam khutbahnya, khatib membahas suatu topik yang menurut saya sangat menarik untuk kita renungkan. Ketika itu khatib membahas mengenai kriteria-kriteria orang celaka, yang menurut saya tidak saja dapat direnungkan oleh kita khususnya yang beragama Islam, namun dapat dijadikan bahan renungan bagi kita semua, apapun keyakinan dan agama kita. Menurut khatib, ada 4 kriteria orang celaka, yaitu:

  1. Melupakan kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan, sehingga berbuat semau-maunya dalam kehidupannya, karena ia selalu merasa benar.
  2. Mengingat kebaikan-kebaikan yang pernah dilakukan sehingga ia tidak termotivasi untuk terus memperbaiki diri
  3. Dalam hal harta dan materi selalu melihat ke atas, sehingga tidak pernah merasa cukup dan bersyukur atas segala karunia yang telah diberikan oleh Tuhan kepadanya
  4. Dalam hal ibadah atau berbuat kebaikan selalu melihat ke bawah, sehingga tidak termotivasi untuk meningkatkan ibadah atau perbuatan baiknya

Semoga hal ini dapat kita jadikan bahan renungan kita bersama, sehingga memberikan manfaat bagi kita untuk mengisi sisa umur kita dengan hal-hal yang bermanfaat, baik bagi diri kita sendiri maupun orang lain.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s